Tuesday, May 20, 2014

Arti Kopi Bagi Seorang Pecinta kopi



You can sleep when you're dead!. Kamu hanya bisa tidur saat kamu mati! pernyataan di sebuah iklan kopi tersebut menyiratkan akan salah satu fungsi kopi bagi kita, mencegah kantuk. Tentang filosofi secangkir kopi. Sobat, pastinya kalian semua pernah meminumnya bukan? si hitam yang membuat bergairah ini, selain rasanya yang nendang! sampai kita terbuat melek terus olehnya (yang belum pernah meminumnya berarti berasal dari planet lain, lol), kopi juga merupakan teman kita dikala malam hari maupun ditengah kesibukan-kesibukan kita baik itu disaat lembur, ngerjain tugas, dll. 

Kopi juga senantiasa meramaikan suasana nongkrong kita, disaat ngobrol-ngobrol sambil berdiskusi dan bernyanyi-nyanyi, tentunya sebagian besar memilih kopi sebagai pencair suasananya kan? walaupun banyak yang memilih minuman lainnya, namun pastilah sebagian besar masyarakat dunia setuju jika kopi disebut sebagai teman nomor satu didunia. Hal tersebut terbukti dengan menjamurnya cafe-cafe kopi diberbagai tempat diseluruh penjuru dunia, jika ada sebuah cafe yang tidak menyediakan kopi, berarti pemilik cafe tersebut kurang informasi. Cafe sendiri berarti kopi dalam bahasa Italia, dan merupakan sebuah modifikasi kata dari bahasa asalnya di etiopia yaitu Kaffa.


Agaknya bagiku (dan mungkin bagi kalian) hari-hari yang akan dijalani belum lengkap tanpa meneguk secangkir kopi, barang satu sendokpun. Betapa berharganya kopi bagiku, setiap pagi pasti aku luangkan waktu untuk minum kopi. Karena, kembali ke kata-kata tadi, yaitu kopi merupakan teman sejatiku (yang kedua adalah tembakau. Disaat meminum kopi muncullah segala bayangan tentang ide-ide dan inspirasi yang berkecamuk didalam kepalaku (lebay, :-D), saat mengerjakan tugas, laporan, menulis, berimajinasi semuanya jadi bebas plong gara-gara secangkir kopi tersebut. 

Banyak orang rela membayar mahal-mahal hanya untuk menikmati kopi dicoffeshop-coffeshop langganan mereka, bahkan ada yang sangat fanatik sampai mencoba berbagai rasa kopi di berbagai belahan dunia ini. Kopi hampir tersedia diberbagai tempat dari kota sampai desa, dari negara kecil sampai negara besar, dari lautan sampai pegunungan, dimanapun dan kapanpun kita berada, tidak akan sulit bagi kita untuk menemukan kopi.

Alasan lain yang memperkuat sebaga fans berat si hitam manis ini adalah banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menenggak secangkir kopi.


Bagiku perumpamaan yang paling tepat bagi si hitam nan imut-imut alias kopi ini adalah  

" sesuatu yang selalu menjadi teman dikala suka maupun duka, sesuatu yang selalu membuat kita merasa lebih bersemangat dalam melakukan segala aktifitas! Dia selalu menginspirasi dan memunculkan ide-ide segar. Selalu setia mengikuti kemanapun kita pergi. Dia seperti dokter pribadi."

Mungkin pada bingung ya? kok filosofinya seperti itu? apa tidak ada yang lain? baiklah, untuk menjawab pertanyan-pertanyaan sobat sekalian, akan aku jabarkan quote diatas. Yaitu sebagai berikut :

"sesuatu yang selalu menjadi teman dikala suka maupun duka..." artinya adalah, karena aku sangat suka kopi, jadi kapanpun pasti saya akan menyempatkan minum kopi, kapanpun, dimanapu pasti akan saya sempatkan. "dan selalu membuat saya merasa lebih bersemangat dalam melakukan segala aktifitas!..."  kalimat ini berdasar pada kandungan kafein didalam kopi yang dapat merangsak otak dan mempengaruhi syaraf, dimana kita akan merasa tegang, hilang dari kantuk, dan terjaga, serta memberi sedikit energi. "Dia selalu menginspirasi dan memunculkan ide-ide segar. Selalu setia mengikuti kemanapun kita pergi..." artinya adalah kembali lagi kepada kalimat pertama dan kedua, selain karena saya suka kopi, juga kandungan kafein pada kopi membuat saya tersugesti untuk lebih mudah mencari inspirasi. Hampir di semua tempat (kecuali hutan) pasti ada kopi, itulah alasan mengapa kopi selalu mengikuti kita, atau mungkin kita lah yang mengikuti kopi. "Dia seperti dokter pribadi.." hal ini berdasar bahwa kopi ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, seperti mencegah penyakit syaraf, melindungi gigi, mencegah batu empedu, melindungi kulit, mencegah diabetes, dll. Kalau menurut kamu gimana?


"There is no day without cofee..."

artikel oleh @dr_beng

1 comment: