Tuesday, May 20, 2014

Cara Memulai Sebuah Revolusi



Ada saat dimana kita butuh perlawanan terhadap sesuatu hal yang ternyata menjadi sangat salah, sangat wrong! dan harus secepatnya di bumi hanguskan. Sesuatu yang dulunya kecil dan sekarang berubah menjadi besar dan menakutkan harus segera kita kecilkan lagi. Untuk itu, sebuah revolusi sangatlah dibutuhkan. Seperti ingin lepas dari jajahan bangsa lain, atau kalian ingin menjungkirbalikan pemerintahan yang bobrok? semua bisa dilakukan dengan sebuah REVOLUSI! Revolusi (dari bahasa latin revolutio, "balik") adalah sebuah perubahan yang signifikan dan dal;am waktu yang singkat. Revolusi telah terjadi sepanjang sejarah manusia dan bervariasi dalam waktu, metode, durasi, ideologi yang memotivasi, dan jumlah parisipan yang ikut dalam revolusi tersebut. Hasilnya adalah sebuah perubahan yang besar dalam budaya, ekonomi, dan institusi sosial-politik.

Langkah-Langkah Sebuah Revolusi

Ketahuilah tujuanmu. Kalian bakal mendedikasikan hidupmu untuk tujuan ini. Putuskanlah dengan baik-baik. Putuskan dari dalam hatimu. Contoh sebuah pertanyaan yang bagus untuk kalian jawab sendiri "Apakah sistem politik di tempatku hidup ini salah? Dan apa jenis sistem yang ingin aku ciptakan untuk rakyat di Negeriku ini?"atau contoh paling sederhana dari sebuah revolusi diri " Apakah hidupku ini sudah benar? Cara hidup bagaimanakah yang paling benar untukku?" Ingat! tujuan yang kalian pilih adalah jantung dari revolusimu!

Kumpulkan dukungan dan persetujuan. Tidak ada yang akan terjadi jika satu-satunya pemberontak adalah kamu dan sohib-sohibmu. Ini adalah sebuah langkah penting untuk membentuk sebuah revolusi yang sukses atau sebuah kelompok pemberontak yang terkenal. Untuk langkah pertama ini kamu bisa menggunakan selebaran atau pamflet. Tapi itu sudah terlalu tradisional, sekarang adalah jamannya teknologi bro! gunakanlah sosial media. Dari secuil informasi itu nantinya akan menyebar dari mulut ke mulut. Gunakan segala cara untuk menyampaikan gagasan revolusimu dan membangun sebuah dukungan. Jika sudah terkendali, para pendukungmu tidak harus selalu bertemu, tidak harus saling kenal, tapi mereka harus bersatu dalam sebuah tujuan umum, dalam satu ideologi yang sama. Ingat proses kemerdekaan bangsa kita? ya, seperti itulah.

Didiklah dirimu sendiri dan orang lain tentang segala aspek dari ide revolusimu. Ketahuilah apa dan mengapa p[ertarungan ini harus terjadi dan bagaimana untuk memenangkannya. Identifikasikan tujuan dan langkah yang paling efisien untuk mendapatkan tujuanmu tanpa kompromi. Hargai dan hormatilah keberagaman taktik yang ada. Revolusi harus diarahkan menuju hal-hal yang lebih baik. Inilah yang disebut dengan "vektor positif".

Pahami bahwa salah satu aspek yang paling penting dari revolusi adalah orang-orang yang marah. Orang-orang yang sudah jengah! bosan! dengan keadaan yang ada sekarang ini. Namun, penyebab kemarahan haruslah sebuah keyakinan yang benar, dan dalam kemarahan mereka juga harus ada disiplin untuk tujuan mereka.

Kumpulkan niat dan tujuan yang saat ini sedang populer di masyarakat umum. Hal tersebut harus bertujuan pada peningkatan aspek tertentu dalam sebuah masyarakat, ekonomi, budaya, atau aspek apapun dalam sebuah kelompok sosial. Sekali lagi, hargai dan hormatilah keberagaman taktik revolusi yang ada. Mesir adalah sebuah contoh nyata dari revolusi modern, kalian bisa mencontoh revolusi mereka.

Temukan orang-orang yang sepemekirian dengan kalian. Buatlah sebuah forum komunikasi. Forum ini harus tanpa adanya hierarki sosial supaya semua suara bisa sama-sama di dengarkan. Jika kamu punya sebuah komunitas kecil, pilihlah satu diantara anggota sebagai seorang front man/woman. Orang ini harus ramah dan rendah hati, dan mereka tidak boleh di samakan dengan "pemimpin" ataupun "ketua". Tetapi sebagai seseorang yang terpilih karena orang tersebut melambangkan sebuah konsensus. Anggaplah orang tersebut sebagai wasit atau moderator.

Saatnya Beraksi! Ini adalah langkah yang paling penting karena revolusi mati tanpa itu.Kalian harus mengambil sebuah tindakan baik dalam bentuk protes tanpa kekerasan, sit in, atau sebuah bikot. Pemimpin revolusi harus memotivasi rekan-rekannya dan bekerja siang-malam untuk itu. Kekuatan kekuasan saat ini akan berusaha mempertahankan diri dari serangan-serangan kalian, karena itu adalah sifat alami dari sebuah kekuatan. Kekuasaan-kekuasaan tersebut bakal tidak suka dengan perlawanan rakyat-rakyatnya dan berusaha dengan berbagai cara untuk menggerus perlawanan kalian. Ingat, perlawanan bersenjata tidak bisa menyelesaikan apapun. Mau kalian punya sebuah anggota "militer" yang trlatih seperti apapun, kalian tidak akan bisa mengalahkan tentara resmi pemerintah yang begitu terorganisir, terutama jika kekuatan militer tersebut membekingi pemerintah berkuasa saat ini. Terakhir, jangan menyerah! Sering kali kalian mungkin akan kecewa dengan hilang atau kurangnya semangat tapi ingat , banyak negara lain telah memberontak dan setelah beberapa kekalahan, mereka masih nisa mengatasi kesulitan yang luar biasa . Ingat, "tujuan" kalian adalah jantung dari revolusi kalian.

Berjuang untuk pembebasan yang kolektif, karena kebebasan semua orang terikat satu sama lain. Jika kita akan bebas, kita semua perlu bebas. Jika kita punya pilihan, semua juga harus punya pilihan.

Tunjukan ketenaran "pergerakan rakyat" kalian kepada para penguasa, legislatif, dan militer. Semakin besar popularitas pergerakanmu, semakin banyak para simpatisan, dan semakin sedikit kemungkinan perlawanan terhadap revolusimu.

Ketahuilah bahwa sebuah revolusi sosial atau politik yang drastis hampir selalu tentang kebebasan. Secara umum, revolusi adalah tentang sebuah perubahan besar dalam beberapa aspek di dalam masyarakat. Sebuah revolusi yang damai membutuhkan banyak solidaritas dan kesepakatan bersama.

Susunlah rencana revolusimu sekarang juga! diskusikan dengan orang-orang yang sepemikiran denganmu! REVOLUSI!

No comments:

Post a Comment